photo

photo
my equipment

Jumat, 22 April 2011

pengenalan - recording multitrack.

Haloooo,,,teman-teman blogger di tanah air. ..
Ini adalah tulisan pertamaku ...oiya sebelumnya kenalkan aku danis, aku bekerja di sebuah studio rekaman menjadi recording sekaligus mixing dan mastering engineer..hahaha. ..merangkap-rangkap asal mantap..hehehe...

oke ga usah kelamaan bertele-tele lagi..
kali ini aku mau bahas apa itu multitrack recording dan bagaimana dengan cara yang asyik, murah n hasil yang mantap alias ga murahan..
alasan kenapa aku ingin sekali mengupas ini karena di tanah air kita indonesia ini masih banyak sekali musisi yang tidak mengetahui recording dan bagaimana recording yang bagus. Buat yang udah tau silahkan kalia share dsini atau kita bisa bikin forum kecil2an disini..hehe..sekedar untuk mempererat tali silaturahmi kita di antara engineer atau musisi...hahaha. ..

multitrack recording adalah sebuah proses perekaman yang di lakukan satu per satu instrument secara bergantian..proses ini masih banyak digunakan karena mungkin lebih mudah alias tidak repot. malah aku sendiri sampai saat ini masih menggunakan proses rekaman multitrack ini. untuk memulai proses rekaman multitrack ini biasanya yang aku lakukan pertama adalah membuat guide atau penuntun sebagai patokan agar si musisi yang rekaman ga bingung tentang urutan/bagan-bagan lagunya. dalam guide aku menggunakan instrument gitar dan vokal untuk menjadi patokan dari seluruh instrument yang lainnya nanti. oiya, software DAWnya aku pake steinberg nuendo4 n untuk pluginnya banyak banget,,so, ga mungkin aku sebutin satu per satu..setelah melakukan proses guide aku buat drumnya, kalo aku sih pakenya masih midi untuk drum n aku menggunakan software EzDrum dan Addictive drum. alasanku memakai software-software tersebut karena lebih kecil kapasitas RAM komputer yang di gunakan jadi komputerku ga lemot2 banget...hahahaha...
setelah selesai membuat drum aku lanjutkan dengan mengisi bass lalu gitar dan dilanjutkan dengan keyboard(kalo ada) dan terakhir vokal. dalam proses perekaman gitar bass atau vokal aku terbiasa n mungkin kalo buat aku ini sudah jd kewajiban(hehehe)untuk selalu mendapatkan karakter sound yang sudah jadi alias aku ga bisa asal untuk masalah yang satu ini, karena kegagalan suatu proses rekaman adalah kegagalan juga untuk proses selanjutnya yaitu mixing dan mastering. namun biasanya musisinya sendiri tidak mengerti proses2 tersebut sehingga mereka sendiri bilang soundnya ga enak..hahaha. ..padahal ya emang ga enak...
perlu diingat juga bahwa kegagalan proses perekaman adalah bukan melulu kesalahan dari operator recording...tidak bisa juga dikatakan kesalahan player..karena semua unsur bisa mengakibatkan kegagalan..hahaha. ..
aku lanjut di next artikelku ya..hehe..sory kalo bahasa ku campur2an...karena aku udah terbiasa jadi susah.com...hahahahaha...sampe ktmu lagi temen-temen..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar